PERBEDAAN PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MIND MAP DAN POSTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PAKEM

Hesti Pratiwi, Dhika and Wiyatmo, Yusman (2017) PERBEDAAN PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MIND MAP DAN POSTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DHIKA HESTI P 13302241020.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster. Desain penelitian adalah Kuaisi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA N 1 Pakem. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 (KE 1) dan XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 2 (KE 2). Perlakuan berupa penerapan model PBL dengan penugasan mind map untuk KE 1 dan model PBL dengan penugasan poster untuk KE 2. Instrumen berupa RPP, LKPD, soal pre test dan post test, lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data penelitian berupa hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Analisa data untuk menguji hipotesis adalah independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,019 dan nilai thitung 2,404, sedangkan presentase keterampilan berpikir kreatif sebesar 52% dengan penugasan mind map dan 48% dengan penugasan poster, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,153 dan nilai thitung 1,447. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan rerata standar gain masing-masing kelas. KE 1 sebesar 0,74 dan KE 2 sebesar 0,71 termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PBL, keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53538

Actions (login required)

View Item View Item