PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Dewi, Setianingsih (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Setianingsih_13103241078.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda melalui metode pemberian tugas pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas dasar II SLB Wiyata Dharma 1 Sleman, yaitu IT, RS, dan BA. Subjek dalam penelitian ini memiliki masalah pada perhatian, minat dan respon yang rendah saat proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya penguasaan kosakata benda siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu panduan wawancara, lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta tes penguasaan kosakata benda. Teknik analisis yang digunakan yaitustatistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya perbaikan pada proses pembelajaran dan peningkatan penguasaan kosakata benda pada siswa melalui metode pemberian tugas dengan media kliping. Perbaikan proses terlihat dari aktivitas siswa dan guru yaitu siswa menunjukan perhatian, ketertarikan dan respon yang baik dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga lebih banyak terlibat interaksi dengan siswa. Adapun hasil peguasaan kosakata benda siswa saat pra tindakan, yaitu subjek IT memperoleh nilai 35, RS 30, dan BA 35. Pada siklus I subjek IT memperoleh nilai 65, RS 50, dan BA 55. Pada siklus II seluruh siswa telah mencapai KKM yang ditentukan, yaitu subjek IT memperoleh nilai 85, RS 70, dan BA 80.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53537

Actions (login required)

View Item View Item