PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK PAINTING BAGI ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB G DAYA ANANDA SLEMAN

Nurul, Arum (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK PAINTING BAGI ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB G DAYA ANANDA SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Arum_12103241072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan batik painting bagi anak cerebral palsy tipe spastik di SLB G Daya Ananda Sleman. Penelitian ini difokuskan pada: 1) persiapan pembelajaran; 2) proses pembelajaran; dan 3) evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu seorang guru keterampilan dan dua siswa cerebral palsy tipe spastik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan batik painting terdiri dari: 1) persiapan guru: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menetapkan tujuan pembelajaran berdasar hasil asesmen kamampuan gerak, menyusun materi berdasarkan silabus dan buku sumber, melakukan modifikasi peralatan membatik painting, melakukan modifikasi materi dengan menghilangkan kegiatan pelorotan; 2) pelaksanaan: a) pendahuluan: guru mengatur duduk subjek dengan memberikan jarak 60cm, guru mempersiapkan alat dan bahan membatik painting, guru dan subjek melakukan kegiatan apersepsi penguatan otot dan sendi; b) inti: guru memperbaiki sikap duduk subjek, guru memberikan bimbingan berupa memegang tangan kiri subjek untuk mengambil pensil/kuas, menggenggam pensil/kuas, mencelupkan kuas ke dalam cairan lilin dan pewarna remasol, menggoreskan pensil/kuas sesuai pola berbentuk geometri, subjek praktik secara mandiri setelah dibimbing untuk menyelesaikan satu kotak pola, subjek dapat beristirahat sewaktu-waktu ketika lelah karena belum ada jadwal yang dibuat oleh guru, subjek mampu membatik kurang lebih 10 menit; c) penutup: guru melakukan review secara individual karena kegiatan penutup belum terlaksana; 3) evaluasi: dilakukan melalui penilaian proses menggunakan teknik berupa tes yaitu tes lisan dan tes praktik, dan penilaian hasil dengan mengkaji hasil kerja subjek diakhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53535

Actions (login required)

View Item View Item