STUDI KASUS TENTANG AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA

Ika, Rahmawati (2017) STUDI KASUS TENTANG AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Rahmawati_13103241089.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang akomodasi pembelajaran untuk siswa berkesulitan belajar matematika kelas III di SD N Karanganyar Yogyakarta. Aspek yang diteliti dalam akomodasi pembelajaran yaitu materi dan cara pengajaran, tugas dan penilaian, tuntutan waktu, dan lingkungan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD N Karanganyar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III telah melakukan beberapa akomodasi pembelajaran dalam materi dan cara pengajaran, tugas dan penilaian, tuntutan waktu, dan lingkungan belajar. Akomodasi dalam materi dan cara pengajaran, guru telah membuat isyarat yang membangun perhatian siswa, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami, mengulang penjelasan materi yang sebelumnya sudah dijelaskan, memberikan akses untuk siswa mengenai materi yang akan dipelajari dan menyoroti kata kunci materi pokok. Tugas dan penilaian, guru sudah menjelaskan dan mengulangi petunjuk tugas secara lisan serta membolehkan siswa menggunakan alat bantu hitung dalam pengerjaan tugas pada saat latihan soal. Tuntutan waktu dan penjadwalan, guru sudah memberikan tambahan waktu untuk siswa dalam menyelesaikan tugas dan membantu memfokuskan perhatian untuk mengelompokkan tugas dari mudah ke sulit. Lingkungan pembelajaran, guru memberikan keleluasaan gerak siswa untuk memperoleh posisi duduk yang nyaman selama tidak menganggu teman lainnya, memberikan umpan balik secara lisan atau tulisan terhadap apa yang telah dilakukan siswa dan memberikan penghargaan verbal atau non verbal untuk setiap usaha siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53533

Actions (login required)

View Item View Item