Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SD Segugus III Kecamatan Palu Selatan.

Susilowati, Suci (2017) Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SD Segugus III Kecamatan Palu Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suci-susilowati-15712259029.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video pembelajaran yang layak pada pembelajaran menulis karangan untuk siswa kelas IV SD se-gugus III Kecamatan Palu Selatan; (2) mengetahui keefektifan video pembelajaran terhadap peningkatan self efficacy dan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD se-gugus III Kecamatan Palu Selatan; (3) mengetahui perbedaan pengaruh video pembelajaran terhadap peningkatan self-efficay dan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD se-gugus III Kecamatan Palu Selatan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D), yang mengadaptasi model Borg & Gall yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu eksplorasi, pengembangan produk, serta uji coba produk dan revisi. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas IV SD segugus III Kecamatan Palu Selatan dengan rincian 2 guru dan 3 siswa kelas IV SD untuk uji coba awal dan 3 guru serta 9 siswa kelas IV SD untuk uji coba lapangan. Uji coba operasional menggunaan masing-masing 31 dan 15 siswa sebagai kelas eksperimen serta 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, skala self-efficacy dan soal tes unjuk kerja menulis karangan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) video pembelajaran yang dikembangkan ini layak berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan kategori baik; (2) Produk video pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan self-efficacy dan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata self-efficacy siswa pada kelas kontrol 63.73, kelas eksperimen 90.03; sedangkan nilai rata-rata untuk karangan kelas kontrol adalah 75.98 dan kelas eksperimen 85.49; (3) Terdapat perbedaan pengaruh video pembelajaran terhadap peningkatan self-efficacy maupun hasil keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD. Hal tersebut terlihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,005 yang berarti Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada penggunaan video pembelajaran terhadap self-efficacy dan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, keterampilan menulis, karangan, karakteristik siswa SD, self-efficacy.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:44
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53514

Actions (login required)

View Item View Item