Pengembangan Media Reflective-Picture Story Book untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Bantul.

Purwaningtyas, Maylina (2017) Pengembangan Media Reflective-Picture Story Book untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maylina-purwaningtyas-15712251017.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media reflective-picture story book yang layak untuk meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial, dan 2) mengetahui keefektifan media reflective-picture story book dalam meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan model research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, skala, dan angket. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara dan lembar observasi analisis kebutuhan, angket terbuka penilaian diri dan teman sebaya, skala penilaian ahli materi dan ahli media, skala respon guru dan respon siswa, lembar observasi karakter disiplin, dan skala konsep diri sosial. Kelayakan media reflective-picture story book dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam empat kategori kuantitatif. Keefektifan media reflective-picture story book dalam meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial dianalisis dengan skor N-gain, uji t, dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media reflective-picture story book memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil skala respon guru dan respon siswa dengan kriteria sangat layak; dan 2) media reflective-picture story book dinyatakan efektif untuk meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain karakter disiplin dan konsep diri sosial di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media reflective-picture story book dapat meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media reflective-picture story book, karakter disiplin, konsep diri sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:07
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53509

Actions (login required)

View Item View Item