Purniawati, Purniawati (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Penyajian dan Pengolahan Data untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-purniawati-15712251061.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan dan (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain penelitian meliputi sepuluh langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) desiminasi dan penerapan. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta dengan subyek uji coba siswa kelas V. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi, penilaian ahli materi dan ahli media, skala tanggapan guru, skala tanggapan siswa, skala minat belajar matematika siswa, dan tes prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif pada materi penyajian dan pengolahan data layak digunakan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media yang masuk pada kategori “sangat baik”. Tanggapan guru dan siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif pada uji coba lapangan awal berkategori berturut-turut “baik” dan “sangat baik”. Sedangkan tanggapan guru dan siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif pada uji coba lapangan utama berkategori “sangat baik”. (2) Multimedia pembelajaran interaktif pada materi penyajian dan pengolahan data efektif untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari pencapaian minimal kategori “baik” minat belajar matematika siswa dan ketuntasan KKM kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan hasil MANOVA didapatkan F 65,899 dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen meningkat dan hasil MANOVA didapatkan F 187,337 dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Peningkatan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dan hasil MANOVA terhadap N-gain didapatkan F 83,032 dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Oleh karena itu multimedia pembelajaran interaktif pada materi penyajian dan pengolahan data tersebut layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif, minat, prestasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 02:07 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |