Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Perwitasari, Ningrum (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ningrum-perwitasari-15712251027.swf

Download (66MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis guided discovery yang layak untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa kelas IVSD Margoyasan, dan (2) mengetahui efektifitas modul yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan Borg & Gall dengan langkah-langkah (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasi lujicoba, (6) ujicoba lapangan, (7) revisi hasil ujicoba lapangan, (8) ujicoba operasional, (9) revisi produk akhir (10) diseminasi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas IV SD N Margoyasan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, skala penilaian produk, angket respon guru dan siswa, lembar observasi sikap ilmiah dan tes kemampuan berpikir kritis. Keefektifan produk diuji dengan quasi experiment. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) modul tematik integratif berbasis guided discovery. Kelayakan produk berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon siswa berkategori “sangat layak”. (2) Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul tematik integratif berbasis guided discovery efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa yang didasarkan pada hasil uji coba operasional didapat p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dengan yang tidak menggunakan modul pembelajaran hasil pengembangan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul tematik integratif berbasis guided discovery, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:48
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53457

Actions (login required)

View Item View Item