Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Web untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 2 Wijirejo, Pandak, Bantul

Arifin, Zainal (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Web untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 2 Wijirejo, Pandak, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zainal-arifin-14712251013.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran menggunakan web yang layak untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika, dan (2) mengetahui tingkat keefektifan multimedia pembelajaran menggunakan web untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD 2 Wijirejo, Pandak, Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research & development). Menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan melalui 10 prosedur, yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpuln informasi/data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi terhadap produk uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan kelompok kecil, (7) revisi terhadap produk uji coba kelompok kecil, (8) pelaksanaan uji lapangan, (9) revisi produk akhir), dan (10) diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ahli materi dan ahli media pembelajaran dalam uji kelayakan yang dilakukan menyatakan bahwa dari aspek materi dan aspek media, multimedia pembelajaran menggunakan web yang telah dikembangkan termasuk kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan, siswa juga memberikan respon yang sangat baik berdasarkan angket respon yang telah diberikan. (2) Berdasarkan hasil uji efektivitas, diketahui bahwa multimedia pembelajaran menggunakan web efektif meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji efektivitas juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa pada kelompok eksperimen apabila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran menggunakan web efektif dalam meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, multimedia pembelajaran web, kreativitas matematika, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 00:56
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53435

Actions (login required)

View Item View Item