Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Kemampuan Kreatif melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Rodiyah, Is naini (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Kemampuan Kreatif melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-is-naini-rodiyah-15712259006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaraan keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif (2) keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa dan rubrik tes unjuk kerja. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, pemaparan data, pembahasan, dan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan: (1) proses pembelajaran keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif (2) nilai keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas pembelajaran guru dan siswa serta nilai rata-rata pada beberapa indikator. Berdasarkan nilai keterampilan berbicara siswa dan kemampuan kreatif, terdapat peningkatan perolehan nilai siswa dari sebelum tindakan, setelah siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan produk dari penelitian ini adalah (1) apabila terjadi peningkatan proses belajar keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif (2) pencapaian nilai rata-rata siswa mencapai 75% atau lebih dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan (1) proses belajar keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif (2) keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif siswa. Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan proses belajar serta keterampilan berbicara dan kemampuan kreatif siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, kemampuan kreatif, metode bermain peran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:35
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53393

Actions (login required)

View Item View Item