Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai melalui Peer Feedback untuk Mahasiswa Kelas E di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Fatimah, Nur (2017) Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai melalui Peer Feedback untuk Mahasiswa Kelas E di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-fatimah-08706251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemberian peer feedback dapat meningkatkan kemampuan menulis esai mahasiswa kelas E Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa semester 4 di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Alur penelitian tindakan kelas yang diikuti adalah: penentuan masalah, perencanaan, tindakan dan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Bahasa Inggris UAD. Subjek penelitian adalah 22 mahasiswa semester 4. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui skor esai mahasiswa. Data kualitatif diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara dan portofolio. Data kuantitatif berupa nilai writing dianalisis dengan program Excel sementara catatan lapangan dan wawancara dianalisis melalui reduksi data, beberan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut. Pertama, partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran mengalami perbaikan melalui keterlibatan mereka dalam kerja berpasangan, kerja kelompok dan kegiatan bersama seluruh anggota kelas. Dalam pembelajaran mahasiswa berkolaborasi sesamanya sehingga mahasiswa dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan peer feedback yang meningkatkan kemampuan menulis esainya dengan memberikan perhatikan pada kelima aspek menulis esai, yakni: organization, content, grammar, spelling, punctuation, and mechanics, style and quality of expression. Kedua, kemampuan menulis esai mahasiswa meningkat melalui pemberian peer feedback di kelas writing yang didesain dengan menerapkan pemberian balikan kepada sesama mahasiswa (peer feedback). Capaian skor rata-rata esai mahasiswa meningkat dari 63,09; 67,23 menjadi 70,09

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peer feedback, menulis, esai
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:30
Last Modified: 07 Nov 2022 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53383

Actions (login required)

View Item View Item