Pengembangan Tes Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Di Kota Palembang Sebagai Rintisan Bank Soal

Danni, Rahmat (2017) Pengembangan Tes Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Di Kota Palembang Sebagai Rintisan Bank Soal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmat-danni-15701251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik instrumen tes prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab yang dikembangkan berdasarkan teori respons butir dan 2) mengetahui penyetaraan kemampuan bahasa Arab peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Palembang. Model pengembangan tes mengacu pada Model Oriondo & Antonio. Tahap pengembangan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perancangan tes, uji coba tes, dan pelaksanaan pengukuran. Uji coba tes paket A dan paket B masing-masing dilakukan terhadap 200 peserta didik dari dua sekolah, sedangkan uji penelitian paket A dilakukan terhadap 501 peserta didik dan paket B sejumlah 506 peserta didik dari delapan sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif ditelaah berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan pendekatan teori respons butir melalui bantuan program Bilog MG v.3,0. Validitas isi dilakukan oleh tiga orang terdiri dari ahli pendidikan bahasa Arab dan ahli evaluasi pendidikan. Validitas isi paket A dan paket diperoleh rerata indeks V Aiken sebesar 0,85 dan 0,87. Reliabilitas paket A sebesar 0,860 dan paket B sebesar 0,869. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) instrumen tes cocok dengan model 2 PL; 2) ditinjau dari parameter daya beda (a) dan tingkat kesukaran butir (b), semua butir soal baik paket A maupun paket B yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal dimana 10 butirnya adalah common item masuk kedalam kategori baik sehingga dapat diproyeksikan untuk disimpan di bank soal; 3) diketahui pula bahwa rerata daya beda paket A sebesar 0,877 dan paket B sebesar 0,540, sedangkan tingkat kesukaran paket A sebesar 0,001 dan paket B sebesar -0,308; 4) hasil penyetaraan kamampuan paket A ke paket B diperoleh persamaan dan distribusi kemampuan bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs di Kota Palembang diketahui sebanyak 56% peserta didik berada pada kategori kemampuan sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tes Prestasi Belajar, Penyetaraan, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:40
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53348

Actions (login required)

View Item View Item