Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone

Syarifuddin, Syarifuddin (2017) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifuddin-15712259023.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPA , (2) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap berpikir kritis pada pembelajaran IPA, dan (3) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis pada pembelajaran IPA . Penelitian ini merupakan quasi exsperiment dengan menggunakan pretest-posstest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone sebanyak enam sekolah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Hasil yang didapat adalah siswa kelas V SDN 28 Usa sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen I, siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan siswa kelas V SDN 30 Mico sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essai. Validasi instrumen diukur dengan uji statistic Pearson correlation dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan independent sample t-test dan manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPA; hasil yang didapat sebesar 0.003. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap berpikir kritis pada pembelajaran IPA; hasil analisis yang didapat sebesar 0.000. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis secara bersama-sama, hasil analisis yang didapat sebesar 0.000. Dengan demikian pendekatan saintifik lebih efektif digunakan untuk pelajaran IPA dalam meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, pemahaman konsep, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 00:57
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53340

Actions (login required)

View Item View Item