Pengembangan Media Reflective Picture Storybook untuk Meningkatkan Karakter Toleransi dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V SDN Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul

Ummah, Rohmatul (2017) Pengembangan Media Reflective Picture Storybook untuk Meningkatkan Karakter Toleransi dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V SDN Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rohmatul-ummah-15712251014.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media reflective picture storybook; dan (2) mengungkapkan kelayakan dan efektivitas media yang dihasilkan untuk meningkatkan karakter toleransi dan konsep diri sosial siswa kelas V SDN Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi karakter toleransi, angket validasi produk oleh ahli, angket respon siswa dan guru, skala toleransi dan skala konsep diri sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebuah reflective picture storybook. Reflective picture storybook yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi dengan kategori “layak” dan menurut ahli media dengan kategori “sangat layak”. Reflective picture storybook efektif untuk meningkatkan karakter toleransi dan konsep diri sosial siswa. Karakter toleransi siswa kelas eksperimen A dan B meningkat signifikan berdasarkan uji t dengan sig. (2 tail) = 0,01< α= 0,05. Kemudian, konsep diri sosial siswa meningkat signifikan menurut uji t dengan sig. (2 tail) = 0,02 < α = 0,05 untuk kelas A dan sig. (2 tail)= 0,00 < α =0,05 untuk kelas eksperimen B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media reflecive picture storybook, karakter toleransi, konsep diri sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:57
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53328

Actions (login required)

View Item View Item