PENGEMBANGAN FILM ANIMASI DENGAN MATERI PERKEMBANGAN KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII

Alin Nadira Ulfah, Alin Nadira Ulfah (2017) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI DENGAN MATERI PERKEMBANGAN KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
halamanawal fix 12416244013.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 12416244013.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 12416244013.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan skrpsi 12416244013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal skripsi 12416244013.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahap pengembangan film animasi dengan materi perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia sebagai sumber belajar IPS kelas VII; 2) kelayakan film animasi tersebut untuk digunakan sebagai sumber belajar dengan materi perkembangan Kerajaankerajaan Islam di Indonesia untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP N 3 Godean. Teknik pengumpulan data berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan guru IPS untuk mengetahui kelayakan produk film animasi. Uji coba kemenarikan produk dilakukan oleh siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru, dan lembar angket penelitian untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) tahap pengembangan film animasi dengan materi perkembaangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia yaitu: penyusunan materi, pembuatan skenario, pembuatan karakter, penyususnan suara, pembuatan storyboard, pembuatan background, pengisi suara, dan penggabungan keseluruhannya; 2) kelayakan film animasi engan materi perkembangan Kerajaankerajaan Islam di Indonesia sebagai sumber belajar IPS SMP diperoleh berdasarkan: a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3.72 atau kategori “Baik” , b) validasi ahli media dengan skor 3.89 atau kategori “Baik”, c) validasi guru IPS dengan skor 3.9 atau kategori “Baik”, d) tanggapan siswa pada uji coba peroraangan dengan skor 3.55 atau kategori “Baik” e) uji coba terbatas dengan skor 3,73 atau kategori “Baik”, f) uji coba lapangan utama dengan skor 3.87 atau kategori “Baik”, berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan film animasi dengan materi perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII sudah dinyatakan layak dan menarik serta dapat digunakan sebagai sumber belajar. Kata kunci: film animasi, sumber belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Oct 2017 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53316

Actions (login required)

View Item View Item