TINGKAT KETERAMPILAN DASAR PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Abd. Kadir, Lalu (2017) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Lalu Abd. Kadir_13601241034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi fisik, mental, taktik dan teknik dasar yang dimiliki oleh peserta putra ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta belum diketahui secara rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa putra peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta. Desain penelitian ini yaitu penelitian deksriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta putra ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 12 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen Tes Keterampilan Bermain Bola Basket dari Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Yogyakarta, dengan validitas sebesar 0,804 dan reliabilitas sebesar 0,893 sedangkan pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan pengukuran passing, dribbling, dan shooting dari Teknik Analisis Data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa putra peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta terdapat 8 siswa (67%) kategori baik sekali, 4 siswa (33%) kategori baik, 0 siswa (0,0%) kategori cukup, 0 siswa (0,0%) kategori sedang, 0 siswa (0,0%) kategori kurang, 0 siswa (0,0%) kategori kurang sekali, 0 siswa (0,0%) kategori jelek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa putra peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 4 Yogyakarta sebagian besar dalam kategori “Baik Sekali” yaitu 8 siswa (67%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar bermain bola basket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Olahraga > Peraturan, Pedoman, Juknis
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53312

Actions (login required)

View Item View Item