EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA AUTIS KELAS VI SD DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA

Oktiwi, * (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA AUTIS KELAS VI SD DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Oktiwi_13103241034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media teka-teki bergambar terhadap kemampuan memahami bacaan pada siswa autis kelas VI SD di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah siswa autis kelas VI SD di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an yang mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dengan rentang 3-5 kalimat. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan memahami bacaan selama fase intervensi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan yang di alami anak di buktikan melalui naiknya perolehan skor mean level memahami bacaan subjek. Subjek mendapatkan mean level meningkat dari 62,5% pada kondisi baseline 1 (A) menjadi 98% pada saat intervensi (B) dan 93,7% pada saat baseline 2 (A). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki bergambar, efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan ditunjukkan dengan meningkatnya perolehan skor memami bacaan pada fase intervensi dan fase baseline 2 serta didukung presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi baseline 1 dan fase intervensi yaitu 0% dan fase intervensi dengan baseline 2 yaitu sebesar 33,3%. Secara keseluruhan penggunaan media teka-teki bergambar berpengaruh positif dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Oct 2017 10:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53286

Actions (login required)

View Item View Item