EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BINA DIRI BERDASARKAN METODE TEACCH (TREATMENT EDUCATION OF AUTISTIC AND RELATED COMMUNICATION AND HANDICAPPED CHILDREN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI SISWA AUTIS DI SEKOLAH AUTIS DIAN AMANAH

Leni, Ambar Cahyani (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BINA DIRI BERDASARKAN METODE TEACCH (TREATMENT EDUCATION OF AUTISTIC AND RELATED COMMUNICATION AND HANDICAPPED CHILDREN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI SISWA AUTIS DI SEKOLAH AUTIS DIAN AMANAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Leni Ambar Cahyani_13103241077.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode TEACCH untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada siswa autis kelas IV SD di Sekolah Autis Dian Amanah Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas IV SD di Sekolah Autis Dian Amanah yang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas menggosok gigi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menggosok gigi yang dibuktikan dengan naiknya perolehan skor mean level tes menggosok gigi. Subjek mendapatkan mean level meningkat dari 55,8% pada kondisi baseline 1 (A) menjadi 69,5% pada saat intervensi (B) dan 76,6% pada saat baseline 2 (A’). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode TEACCH efektif untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi subyek. Selain itu, didukung persentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi baseline 1dan fase intervensi yaitu 0% dan fase intervensi dengan baseline 2 yaitu sebesar 33,3%. Secara keseluruhan penggunaan metode TEACCH berpengaruh positif dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada siswa autis kelas IV di Sekolah Autis Dian Amanah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode TEACCH, kemampuan menggosok gigi, anak autis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53285

Actions (login required)

View Item View Item