Siti, Latifah (2017) DAMPAK KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA ASPEK SOSIAL-EMOSI SISWA KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH BODON, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Siti Latifah_13103241035.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kesulitan belajar menulis pada aspek sosial-emosi siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon, Bantul dan mendeskripsikan dinamika psikologis akibat dari kesulitan belajar menulis yang dialami. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar menulis berdampak pada aspek sosial yang mencakup aspek komunikasi interpersonal, interaksi sosial, dan perilaku sosial anak terhadap lingkungan sekitarnya. Kesulitan belajar menulis juga berdampak pada aspek emosi yang berkenaan dengan emosi psikis yang mencakup perasaan sosial dan perasaan susila anak. Kesulitan belajar menulis yang dialami berpengaruh pada dinamika psikologis yang ditunjukkan dengan ketidakstabilan emosi dan adanya perubahan perilaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 09:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53284 |
Actions (login required)
View Item |