KEEFEKTIFAN MEDIA DAKON MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNANETRA KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Renita, * (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA DAKON MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNANETRA KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Renita_13103241079.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media dakon modifikasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttes. Penelitian ini dilaksanakan di SLB A Yaketunis Yogyakarta yang beralamat di Jalan Parangtritis No. 46. Subjek penelitian ini yaitu lima orang siswa tunanetra kelas V A SLB A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Uji validitas instrumen tes dan instrumen observasi dilakukan oleh dosen pembimbing dan guru mata pelajaran matematika. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non-parametrik dengan tes tanda dan uji NGain untuk tes hasil belajar dan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media dakon modifikasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan media permanian dakon. Rata-rata nilai pretest siswa sebelum diberi perlakuan adalah 57,33 dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata posttest menjadi 82,67. Nilai posttest semua siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 71. Hasil observasi proses belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media dakon modifikasi berada dalam kategori baik dan sangat baik. Analisis data menggunakan tes tanda menunjukan bahwa P hitung 0,031 lebih kecil dari P (α) 0,05; Hasil tersebut berada di daerah penolakan Ho dan penerimaan Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa media dakon modifikasi efektif terhadap peningkatan hasil bejar siswa. Analisis data menggunakan N-Gain menunjukan skor N-Gain sebesar 0,55 dan berada dalam taraf keefektifan cukup, sehingga dapat dikatakan media dakon modifikasi memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Oct 2017 09:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53283

Actions (login required)

View Item View Item