PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DEKAK-DEKAK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI SDLBC DI SLB YAPENAS

Wahyu, Setiabudi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DEKAK-DEKAK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI SDLBC DI SLB YAPENAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Setiabudi_13103241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media pembelajaran dekak-dekak bagi siswa tunagrahita ringan kelas VI SDLBC di SLB Yapenas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menganut desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita kelas VI SDLBC di SLB Yapenas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes tertulis. Pengolaha data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan skor perolehan dari tes pra-siklus sampai siklus II. Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai skor kriteria keberhasilan minimal. Skor minimal yang ditetapkan adalah 65. Siswa telah mencapai nilai minimal pada siklus ke II dengan perolehan nilai sebesar 75. Siswa mengalami peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan setelah menggunakan media deak-dekak. Nilai yang diperoleh siswa pada pra-siklus sebesar 45, setelah menggunakan media meningkat 12,5% pada siklus I dengan nilai 57,5. Kemudian pada siklus II meningkat sebesar 30% dari nilai pra-siklus dengan nilai 75. Penelitian dinyatakan berhasil dan berkahir pada siklus II. Media dekak-dekak memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas VI SDLBC di SLB Yapenas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Oct 2017 09:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53281

Actions (login required)

View Item View Item