Dewi, Andina Yuliana and Retnowati, Endah (2017) PENGEMBANGAN SKEMA PENCAPAIAN KOMPETENSI MATEMATIKA PEMINATAN SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Skema Pencapaian Kompetensi matematika peminatan SMA berdasarkan kurikulum 2013 dan mendeskripsikan hasil penilaian oleh ahli pendidikan matematika dan guru terhadap skema pencapaian kompetensi yang dikembangkan oleh peneliti ditinjau dari kelayakan implementasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaituDefine, Design, Development, dan Dissemination. Subjekdalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika peminatan di SMA yang sudah mengimplementasikan kurikulum 2013 pada wilayah Kota Yogyakarta yaitu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan ahli pada bidang pendidikan matematika. Data kualitatif didapatkan dari catatan-catatan pengembangan, masukan dari dosen pembimbing, ahli pendidikan matematika dan guru. Data kemudian dianalisis secara deskriptif kemudian digunakan untuk merevisiproduk yang dikembangkan.Data kuantitatif diperoleh dari lembar penilaian Skema Pencapaian Kompetensi dan diolah menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil penelitian berupa Skema pencapaian kompetensi yaitu kerangka yang mendeskripsikan urutan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan. Kerangka dikembangkan dari 12 kompetensi pengetahuan dan 12 kompetensi keterampilan yang ada pada mata pelajaran matematika peminatan dan kemudian dikelompokkan berdasarkan ranah kompetensi yang sama dan dicapai melalui topik pembelajaran. Terdapat 9 topik yang dikembangkan menjadi skema pencapaian kompetensi yaitu 1) Fungsi Eksponensial dan Logaritma; 2) Vektor; 3) Persamaan Trigonometri dan Rumus Jumlah; 4) Hubungan Dua Lingkaran; 5) Polinomial; 6) Limit Trigonometri; 7) Limit Tak Hingga; 8) Turunan Fungsi Trigonometri; dan 9) Distribusi Binomial dan Distribusi Normal. Setiap kompetensi dasar dijabarkan menjadi indikator-indikator yang disusun berdasarkan tingkatan dimensi proses kognitif. Koefisien validitas isi skema pencapaian kompetensi untuk setiap materiberada pada rentang 0,771–0,821 yang termasuk dalam kriteria tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan kriteria tersebut maka produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Skema Pencapaian Kompetensi,pengembangan, matematika peminatan, model pengembangan 4D |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 03:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |