Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD.

Sari, Eka Atika (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-atika-sari-5712251034.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences yang layak untuk meningkatan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa kelas IV SD, dan (2) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences untuk meningkatan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) mengembangkan draf produk awal; (4) uji coba awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) desiminasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SDN Keputran 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini yaitu: (1) berupa perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, LKS, bahan ajar dan instrumen penilaian yang layak. Kelayakan dapat dilihat dari hasil penilaian perangkat pembelajaran menurut ahli kurikulum sebesar 87% dengan kategori sangat baik dan ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat baik. (2) berupa perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, LKS, bahan ajar dan instrumen penilaian yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa. Keefektifan dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar dan observasi keterampilan proses sains. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis multiple intelligences dalam keterampilan proses sains dan motivasi belajar dengan p<0,05. Keterampilan proses sains pada perbandingan 1 (kelas kontrol dan kelas eksperimen 1) menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 (kelas kontrol dan kelas eksperimen 2) menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000. Motivasi belajar pada perbandingan 1 menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kemudian terjadi pula peningkatan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen dengan p = 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, tematik integratif, multiple intelligences, keterampilan proses sains, motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:54
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53192

Actions (login required)

View Item View Item