Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament dan Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Inggris SMP.

Hidayah, Syafaati Nurul (2017) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament dan Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Inggris SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syafaati-nurul-hidayah-12706251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keefektifan antara: (1) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT dan konvensional, (2) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT, (3) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan konvensional, dan (4) metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta dengan jumlah siswa sebanyak 204 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B dan D yang ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2 dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Kualitas data dilihat dengan program QUEST. Analisis data dilakukan dengan menggunakan One Way Anova yang dilanjutkan Uji Scheffe dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca bahasa Inggris SMP dengan F= 8,012 dan sig (p) ≤0,05, (2) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT memiliki keefektifitasan yang sama dengan sig (p) ≥0,05, (3) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional dengan nilai mean difference sebesar 11.84710 dan sig (p) ≤ 0,05, dan (4) metode pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional dengan nilai mean difference sebesar 7,81161 dan sig (p) ≤0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, pembelajaran pemahaman membaca bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:46
Last Modified: 07 Nov 2022 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53184

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year