Pengembangan Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Bantul.

Mulyani, Tri (2017) Pengembangan Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-mulyani-15712251052.swf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan buku dongeng berbasis sainsmatika yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Bantul, dan (2) mengetahui keefektifan buku dongeng berbasis sainsmatika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Bantul. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan (2) perencanaan; (3) pengembangan desain produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk I; (6) uji coba lapangan diperluas, (7) revisi produk II, (8) uji operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SD 1 Bantul dan SD Bantul Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (need analysis), tes, observasi, angket validasi ahli, respon guru, dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa buku dongeng berbasis sainsmatika yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan hasil uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor 105 dengan kategori “sangat baik”, aspek materi memperoleh skor 169 dengan kategori “sangat baik. Berdasarkan respon guru memperoleh skor 84 dengan kategori “sangat baik”, berdasarkan respon siswa memperoleh skor 83 dengan kategori “sangat baik”. Buku dongeng yang dikembangkan efektif dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa. Berdasarkan hasil uji coba lapangan operasional menunjukjkan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dengan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Bantul antara yang mengikuti pembelajaran mengguankan buku dongeng berbasis sainsmatika dengan yang tidak menggunakan buku dongeng berbasis sainsmatika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku dongeng, sainsmatika, kemampuan pemecahan masalah, karakter peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2017 01:45
Last Modified: 09 May 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53145

Actions (login required)

View Item View Item