PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Pravista, Eka and Widjayanti, Djamilah Bondan (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
Halaman AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar kegiatan Siswa (LKS) pada materi segiempat yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek: 1) kevalidan; 2) kepraktisan; dan 3) keefektifan ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Imogiri. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS, angket respons guru, angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket kemandirian belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata skor RPP yaitu 4,41 dengan kategori sangat baik dan ratarata skor LKS yaitu 4,33 dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor respons siswa yaitu skor 4,42 dengan kategori sangat baik, rata-rata skor respons guru yaitu 4,24 dengan kategori sangat baik dan persentase hasil observasi pembelajaan 95% dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,0005 (kurang dari α = 0,05) untuk kriteria rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis lebih dari 70 dan nilai signifikasi sebesar 0,500 (lebih dari α = 0,05) untuk kriteria banyaknya siswa yang mencapai nilai lebih dari 70 lebih dari 75%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari kemandirian belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif matematis, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53128

Actions (login required)

View Item View Item