PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS RESPONSIVE WEB DESIGN (RWD) MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MATERI PASAR MODAL KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Widodo, Ihsan Kabul (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS RESPONSIVE WEB DESIGN (RWD) MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MATERI PASAR MODAL KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi 12804241010.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran website berbasis responsive web design (RWD) mata pelajaran ekonomi untuk materi pasar modal, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran webiste RWD mata pelajaran ekonomi materi pasar modal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D Thiagarajan. Ada empat tahap dalam model 4D Thiagarajan yaitu tahap analisis kebutuhan awal (define), tahap pembuatan prototype (design), tahap pengembangan berdasarkan saran ahli dan uji coba lapangan (develope), dan tahap publikasi (disseminate). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media pembelajaran website berbasis Responsive Web Design (RWD) yang berisi materi pasar modal dengan struktur beranda, materi pembelajaran, simulasi, video, kontak dan tentang. Fiture yang terdapat dalam website pasar modal antara lain video, simulasi trading, kuis dan tugas, ulangan harian, dan fiture chat dan forum diskusi. Website pasar modal yang dikembangkan mendapatkan penilaian baik dari para ahli dengan rerata skor kelayakan sebesar 3,22 dalam skala 4. Peserta didik juga memberikan respon yang baik dengan rerata skor keseluruhan sebesar 2,94 dengan skala 4.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: website, responsive web design, RWD, pasar modal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52999

Actions (login required)

View Item View Item