STUDI EKSPLORASI KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA WISATA NGLINGGO, DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULONPROGO

Pradanang, Tri (2017) STUDI EKSPLORASI KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA WISATA NGLINGGO, DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi - 12804241053 - Tri Pradanang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Wisata Nglinggo yang berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Kondisi sosial masyarakat dilihat dari aspek kondisi tempat tinggal dan tingkat pendidikan, sedangkan pada kondisi ekonomi dilihat dari aspek jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif yang secara umum meneliti kondisi ekonomi dilihat dari aspek ekonomi yaitu jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan, kemudian dari aspek sosial dilihat dari tempat tinggal dan tingkat pendidikan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan responden sebanyak 77 rumah tangga. Pengumpulan data menggunakan angket dan di dukung oleh data melalui wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan masyarakat Desa Nglinggo secara umum masih sangat rendah, demikian pula pendapatan masyarakat yang bekerja sektor pariwisata. Mayoritas masyarakat Desa Nglinggo bekerja sebagai petani, sedangkan masyarakat yang bekerja sektor pariwisata sebagian besar bekerja sebagai pedagang. Secara umum masyarakat Desa Nglinggo sudah memiliki tempat tinggal layak huni sesuai dengan beberapa kriteria serta status kepemilikan bangunan milik sendiri, sedangkan semua rumah tangga di sektor pariwisata sudah memiliki bangunan layak huni dengan status kepemilikan bangunan adalah milik sendiri. Berdasarkan latar belakang pendidikan secara umum masyarakat Desa Wisata Nglinggo berpendidikan rendah dengan tingkat pendidikan terakhir yang ditamatkan adalah SD/MI, begitu juga pada rumah tangga di sektor pariwisata secara umum berpendidikan terakhir yang ditamatkan adalah SD/MI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Desa Wisata, Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Jenis Pekerjaan, Tempat Tinggal.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52998

Actions (login required)

View Item View Item