HAMBATAN GURU MEMBIMBING KETERAMPILAN SISWA MENGAMATI OBJEK PADA PEMBELAJARAN CIRI DAN PERAN JAMUR DI MA KOTA YOGYAKARTA

Shalikhah, Wea Tyas (2017) HAMBATAN GURU MEMBIMBING KETERAMPILAN SISWA MENGAMATI OBJEK PADA PEMBELAJARAN CIRI DAN PERAN JAMUR DI MA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
3 Halaman Awal (11304241024).pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4 BAB I (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB II)
5 BAB II (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6 BAB III (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB V)
8 BAB V (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 Daftar Pustaka (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran (11304241024).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru dalam membimbing keterampilan siswa mengamati objek, solusi guru mengatasi hambatan tersebut, serta mengetahui kegiatan guru yang dilakukan dalam menyikapi materi untuk memberi kesempatan siswa berlatih mengamati objek, pada pembelajaran Ciri dan Peran Jamur di MA Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket. Angket terdiri dari dua tabel, yaitu kegiatan guru dalam pembelajaran, serta hambatan dan solusi guru. Hambatan dilihat secara keseluruhan dan individu. Hambatan umum dilihat dari keseluruhan jumlah hambatan. Hambatan secara individu dilihat dari pernyataan hambatan dan alasan guru tidak melakukan kegiatan. Dari pernyataan tersebut diketahui kecenderungan hambatan yang dialami tiap guru. Hasil penelitian menunjukkan hambatan yang dialami meliputi adanya pendapat bahwa materi Peran Jamur diajarkan di Kelas XII atau saat penelitian, jenis jamur yang dibawa kebanyakan kapang dan cendawan, serta guru tidak memiliki preparat awetan. Solusi yang dilakukan meliputi guru memberikan materi teori untuk penugasan belajar mandiri siswa, pembelajaran diganti slide PowerPoint, dan menyediakan preparat basah untuk digunakan dalam pengamatan. Terdapat 10 kegiatan yang dilakukan guru untuk membimbing keterampilan mengamati, lima kegiatan berkaitan dengan keterampilan mengamati objek. Dalam melakukan kegiatan mengamati objek, guru seringkali menghindari menggunakan yeast sebagai salah satu objeknya. Guru juga menghindari melakukan pengamatan mengenai Peran Jamur dan hanya mengadakan pengamatan Ciri Jamur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan guru, keterampilan mengamati objek, keterampilan proses sains.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 15:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52971

Actions (login required)

View Item View Item