PENINGKATAN TATA CARA MAKAN DAN MINUM MENGGUNAKAN MEDIA PANDUAN BERGAMBAR ILUSTRASI FOTOGRAFI PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Vivi, Suryaningsih (2017) PENINGKATAN TATA CARA MAKAN DAN MINUM MENGGUNAKAN MEDIA PANDUAN BERGAMBAR ILUSTRASI FOTOGRAFI PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vivi Suryaningsih_13103241074.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran merawat diri tata cara makan dan minum menggunakan media panduan bergambar ilustrasi fotografi, 2) meningkatkan kemampuan tata cara makan dan minum dengan benar pada peserta didik disabilitas kecerdasan kategori sedang kelas IV SD di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan kolaborasi oleh peneliti bersama guru kelas IV SD di SLB N Pembina Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 3 peserta didik disabilitas kecerdasan kategori sedang yang terdiri dari 1 perempuan dan 2 laki-laki. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses ditunjukkan oleh peningkatan partisipasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran yaitu sesuai dengan tata cara pada panduan dan partisipasi guru ketika menyampaikan kegiatan sesuai dengan rencana program pembelajaran yang telah disusun. Pembelajaran yang telah disusun bersifat lebih kongkrit jika dibandingkan dengan sebelum tindakan Hasil tindakan siklus II masing-masing subjek mengalami peningkatan dan dapat melampaui nilai Kriteria Ketuntatasan Minimal (KKM) sebesar 75 sehingga tindakan dihentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan. Peningkatan kemampuan tata cara makan dan minum peserta didik menggunakan media panduan bergambar ilustrasi fotografi ditunjukkan dengan subjek I meningkat 37,26%, subjek F meningkat 37,74%, dan subjek O meningkat 32,45%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52928

Actions (login required)

View Item View Item