PELAKSANAAN BINA WICARA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Denara, Husna Afiati (2017) PELAKSANAAN BINA WICARA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Denara Husna Afiati_13103244036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan bina wicara merupakan salah satu layanan pendidikan yang penting diberikan kepada siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bina wicara pada anak tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru bina wicara dan tiga siswa tunarungu. Teknik pengumpulan dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan kegiatan awal dimulai dari melakukan asesmen, perencanaan program, dan pemberian latihan-latihan awal. Bahan ajar yang digunakan dalam proses bina wicara meliputi bahan fonologi, morfologi, dan sintaksis. Metode bina wicara yang digunakan meliputi metode kata lembaga, metode ujaran fonem, dan multisensori. Sarana prasarana yang digunakan yaitu seperangkat speech trainer, microphone, cermin, bola pingpong, botol yang dilubangi, audiometer, tisu, kertas tipis, spatel, garputala, pias kata, dan pias gambar. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran bina wicara dilakukan setelah proses pembelajaran dan di akhir semester dalam bentuk praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52925

Actions (login required)

View Item View Item