KEEFEKTIFAN PERMAINAN BOWLING ADAPTIF TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA BERHITUNG PENGURANGAN PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS VI SDLB DI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO

Rindu, Mulyani Cahyaningsih (2017) KEEFEKTIFAN PERMAINAN BOWLING ADAPTIF TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA BERHITUNG PENGURANGAN PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS VI SDLB DI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rindu Mulyani Cahyaningsih_12103241059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari media bowling adaptif terhadap kemampuan matematika dalam berhitung pengurangan sampai 20 pada siswa cerebral palsy tipe spastik kelas VI SDLB di SLB Bhakti Wiyata Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika khususnya materi pengurangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakni statistik deskriptif yang disajikan dalam persen dan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil rata-rata nilai yakni pada nilai post test. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan siswa mampu mengerjakan post test sampai 20 dan menyelesaikan dengan waktu yang lebih singkat. Nilai rata-rata post test yakni sebesar 65% dari sebelumnya nilai rata-rata pretest adalah 27,5%. Masing-masing subyek mengalami peningkatan yakni pada subyek S mengalami peningkatan sebesar 35% menjadi 55% dengan kategori kurang dan subyek D mengalami peningkatan sebesar 40% menjadi 75% dengan kategori cukup. Peningkatan nilai rata-rata post test tersebut telah menunjukkan adanya pemahaman yang meningkat terhadap materi pembelajaran, pemahaman tersebut meliputi pemahaman pada konsep pengurangan, membilang bilangan dan dalam perhitungannya. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa permainan bowling adaptif efektif terhadap kemampuan matematika berhitung pengurangan pada siswa cerebral palsy kelas VI SDLB di SLB Bhakti Wiyata Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:10
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52919

Actions (login required)

View Item View Item