KEEFEKTIFAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF LEXIPAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH DASAR NEGERI INKLUSI KULON PROGO

Rizka, Riawati Mukayah (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF LEXIPAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH DASAR NEGERI INKLUSI KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizka Riawati Mukayah_12103244006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media CD interaktif Lexipal terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian yaitu dua siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD interaktif Lexipal efektif terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai tes kemampuan membaca permulaan sebesar 40%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan ditunjukan dengan siswa mampu membaca kata berpola kvk-kvk, kvk-kvv, dan kv-kkvk dengan lafal yang tepat seperti kata bantal, kompor, kerbau, lantai dan bangun. Penerapan CD interaktif Lexipal dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu guru mengajak siswa untuk melihat gambar dari kata yang dipelajari. Guru menjelaskan keterkaitan gambar dan kata. Siswa mengklik kata pada slide hingga terdengar bunyi/ucapan kata, guru mengajak siswa untuk menirukan. Guru mengajak siswa untuk membaca suku kata dan kata secara berulang-ulang hingga siswa mengucapkan kata dengan lafal yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52916

Actions (login required)

View Item View Item