UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN UMUM MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Meli Apriani, Meli Apriani (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN UMUM MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
mm.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan untuk mengetahui bagaimana proses teknik sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum siswa SMA Negeri 11 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan subjek penelitian siswa kelas XC SMA Negeri 11 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket kemampuan berbicara di depan umum, observasi dan wawancara. Angket kemampuan berbicara di depan umum disusun menggunakan jenis logical validity. Pengukuran validitas hasil angket kemampuan berbicara di depan umum menggunakan rumus Product Moment yang dikemukakan oleh Pearson. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik non-parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda Wilcoxson (wilcoxson match pair-test) dan analisis data kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum siswa kelas XC SMA Negeri 11 Yogyakarta. Hasil uji pre test dan post test menggunakan tes Wilcoxson diketahui bahwa skor rata-rata aspek mampu melakukan proses komunikasi di depan umum secara lisan dari 52,5 (28,47%) menjadi 57,25 (31,1%) , aspek berbicara sesuai topik dari 25,41 (13,80%) menjadi 25,75 (13,99%), dan aspek berbicara untuk menyampaikan tujuan dari 26,08 (14,17%) menjadi 31,38 (17,05%). Pelaksanaan teknik sosiodrama dilakukan sebanyak dua tindakan (I dan II). Sebelum tindakan terlebih dahulu dilakukan latihan sehari sebelum penampilan. Tindakan I dibagi menjadi 3 kelompok penampilan, tindakan II dibagi menjadi 2 kelompok penampilan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ada peningkatan kemampuan berbicara di depan umum siswa SMA Negeri 11 Yogyakarta sebelum dan setelah diberi tindakan berupa peningkatan kepercayaan diri, kelancaran berbicara di depan umum, dan peningkatan dalam menyampaikan tujuan pembicaraan. Kata kunci : Kemampuan berbicara, sosiodrama, SMA Negeri 11 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 13:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item