Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams-Achievement Devision (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SD Negeri Papahan 1 Kabupaten Karanganyar.

Okkyriani, Magdalena Rosia (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams-Achievement Devision (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SD Negeri Papahan 1 Kabupaten Karanganyar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-magdalena-rosia-okkyriani-15712251068.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh Student Team-Achievement Devision (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap terhadap pemahaman konsep, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis, dan (2) perbedaan pengaruh STAD dan GI terhadap pemahaman konsep, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif mengggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 1 Papahan Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas III.A, III.B, dan IIIC. Sampel penelitian ini adalah kelas III.B dan IIIC sebagai kelompok eksperimen dan kelas III.A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif penerapan pembelajaran kooperatif student team-achievement devision (STAD) dan group investigation (GI) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis, dan (2) terdapat perbedaan pengaruh yang positif penerapan pembelajaran kooperatif student team-achievement devision (STAD) dan pembelajaran kooperatif group investigation (GI) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Student Team-Achievement Devision (STAD), Group Investigation(GI), Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 12:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52829

Actions (login required)

View Item View Item