Evaluasi Program PPL Mahasiswa PPG Prodi PG-PAUD UNY

Hastutiningsih, Arum Dwi (2017) Evaluasi Program PPL Mahasiswa PPG Prodi PG-PAUD UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arum-dwi-hastutiningsih-14713251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program PPL PPG PG-PAUD terkait pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial. Komponen yang dievaluasi meliputi: (1) kesiapan sarana dan prasarana, (2) tahap persiapan, (3) tahap pelaksanaan, (4) Guru Pamong, (5) Dosen Pembimbing Lapangan, (6) Kompetensi Sosial, dan (7) Kompetensi Kepribadian. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan sasaran mahasiswa, guru pamong dan kepala sekolah. Validitas instrumen diperoleh dengan cara mengajukan instrumen kepada expert judgement dan menghitung Koefisien Reprodusibilitas serta Koefisien Skalabilitas yang dihitung dengan Program SKALO. Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik Kuder-Richardson (KR20). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek Context dengan indikator kesiapan stake holder dan sarpras menunjukkan skor 3,36. Skor tersebut berada diatas skor 3,33 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil; (2) aspek Input dengan indikator persiapan menunjukkan skor 3,64. Skor tersebut berada diatas skor 3,33 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil; (3) aspek Process dengan indikator guru pamong menunjukkan skor 3,55. Skor tersebut berada diatas skor 3,33 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil; (4) aspek Process dengan indikator DPL menunjukkan skor 5,64. Skor tersebut berada diatas skor 4,67 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil serta (5) aspek Process dengan kategori pelaksanaan menunjukkan skor 5,13. Skor tersebut berada diatas skor 4,67 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil; (6) aspek Product dengan indikator kompetensi sosial menunjukkan skor 8,88. Skor tersebut berada diatas skor 6,67 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil; (7) aspek Product dengan indikator kompetensi kepribadian menunjukkan skor 3,75. Skor ini berada diatas skor 3,33 yang termasuk dalam kategori sangat berhasil.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan tinggi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:41
Last Modified: 22 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52807

Actions (login required)

View Item View Item