EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODELPOLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA PADA SISWA AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA

Anisa, Yuliana (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODELPOLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA PADA SISWA AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anisa Yuliana_13103241080.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita pada siswa autis kelas VIII di Sekolah Khusus Autis (SKABA) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subjek Research (SSR). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas VIII di SKABA Yogyakarta berinisial MA. Penelitian menggunakan desain A-B-A’. Fase baseline-1 (A) dilakukan dengan mengadakan tes sebanyak 3 kali untuk mengetahui kemampuan awal subjek dalam menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita. fase Intervensi (B) dilakukan dengan menerapkan pembelajaran problem solving model Polya untuk menyelesikan Soal Matematika Bentuk Cerita penjumlahan, pengurangan dan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan sebanyak 8 kali pertemuan. Fase baseline-2 (A’) dilakukan dengan mengadakan tes sebanyak 3 kal untuk menyetahui kemampuan subjek dalam menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita setelah diberikan intervensi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita pada subjek. Hal ini ditandai dengan perubahan kecenderungan arah dan efek pada penelitian ini adalah menaik dengan efek (+) pada fase A, kemudian menaik dengan efek (+) pada fase B, dan mendatar (=) pada fase A’. Perubahan kecenderungan stabilitas adalah stabil pada ketiga fase. Perubahan level dari fase A menuju fase B adalah sebesar (+32,5%) dan perubahan level pada fase B menunju A’ adalah sebesar (+5%). Presentase data overlap pada masing-masing fase adalah 0%. Kesimpulan Akhir dari penelitian ini adalah pembelajaran problem solving model Polya terbukti efektif meningkatkan kemampuan menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita siswa autis kelas VIII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:29
Last Modified: 12 Sep 2017 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52777

Actions (login required)

View Item View Item