Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) dan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Padokan.

Barokah, Awalina (2017) Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) dan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Padokan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-awalina-barokah-15712251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis kelompok yang belajar menggunakan problem-based learning (PBL) dan kelompok yang belajar menggunakan sains teknologi masyarakat (STM) dan (2) perbedaan motivasi belajar kelompok yang belajar menggunakan PBL dan kelompok yang belajar menggunakan sains STM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Padokan tahun 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 23 siswa yang diberi perlakuan dengan model STM dan kelas VB yang berjumlah 28 siswa yang diberi perlakuan dengan model PBL. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis, observasi dan skala motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Univariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan dan positif kelompok yang belajar menggunakan PBL dan kelompok yang belajar menggunakan STM pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Padokan dengan nilai Fhitung 17,570 dan nilai signifikansi P=0,000 (P<0,05), dengan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis siswa kelompok PBL 86,0714 dan kelompok STM 76,7391. (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan dan positif kelompok yang belajar menggunakan PBL dan kelompok yang belajar menggunakan STM pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Padokan dengan nilai Fhitung 24,315 dan nilai signifikansi P=0,000 (P<0,05), dengan perbedaan nilai rata-rata post-test motivasi belajar kelompok PBL 90,00 dan kelompok STM 81,6957.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Sains Teknologi Masyarakat, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:30
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52737

Actions (login required)

View Item View Item