Prastya, Ragil Cahya Adi (2017) IDENTIFIKASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS IV DI SEKOLAH INKLUSI SDN MARGOSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
Text
Ragil Cahya Adi Prastya.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan kompetensi pedagogik guru kelas IV di sekolah inklusi SDN Margosari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Kompetensi Pedagogik meliputi memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru, siswa berkebutuhan khusus, siswa kelas IV dan kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru kelas IV di sekolah inklusi SDN Margosari masih sama dengan sekolah yang bukan inklusi. Guru dalam memberikan soal kepada anak berkebutuhan khusus sama dengan siswa normal lainnya. Guru belum membuat PPI untuk anak berkebutuhan khusus. Guru dalam melaksanakan pembelajaran jarang memberikan motivasi kepada anak berkebutuhan khusus. Guru dalam melakukan evaluasi kepada anak berkebutuhan khusus sama dengan siswa normal lainnya. Guru dalam memberikan dukungan kepada anak berkebutuhan khusus sama dengan siswa normal lainnya. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Sekolah Inklusi, Guru kelas IV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 03:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52726 |
Actions (login required)
View Item |