Baiti, Ummi Nur (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS LINGKUNGAN TEKNOLOGI MASYARAKAT (SALINGTEMAS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Abstrak Ummi NB..pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB II.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul IPA berbasis salingtemas untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam materi pemanasan global berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA (2) respon respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis salingtemas untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam materi pemanasan global (3) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan modul IPA berbasis salingtemas dalam materi pemanasan global. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi Model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Model 4-D ini terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (Penyebaran). Penelitian dilakukan di SMP N 1 Prambanan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, lembar validasi Modul IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan Salingtemas, lembar angket respon peserta didik terhadap modul IPA, dan soal pretest-posttest pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data kelayakan Modul IPA dan respon peserta didik terhadap Modul IPA dilakukan dengan konversi skor kuantitatif menjadi nilai kualitatif dengan lima kategori, teknik analisis data keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan salingtemas menggunakan perhitungan persentase, dan teknik analisis data soal pretest-posttest pemahaman konsep menggunakan perhitungan gain skor ternormalisasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul IPA berbasis salingtemas untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam materi pemanasan global berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA dinyatakan layak dengan kategori sangat baik (2) Modul IPA berbasis salingtemas untuk meningkatkan pemahaman konsep mendapat respon dari peserta didik sangat baik (3) Modul IPA berbasis salingtemas dalam materi pemanasan global meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan gain skor ternormalisasi sebesar 0,40 termasuk kategori sedang serta pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan modul IPA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, IPA, Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat (Salingtemas), Pemahaman Konsep, Peserta didik SMP |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 01:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52667 |
Actions (login required)
View Item |