PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP

Nabila, Luthfannisa Afif and Murdiyani, Nila Mareta (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abstrak_13301241041_Luthfannisa_Afif_Nabila.docx

Download (13kB)
[img] Text
Awal.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi bangun datar menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada pemahaman konsep siswa. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon dan lembar observasi untuk mengukur kepraktisan, 3) tes pemahaman konsep untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,26 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik, dan skor rata-rata LKS yaitu 4,27 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa yaitu 3,51 dari skor maksimal 4 yang berarti sangat baik, skor rata-rata respon guru yaitu 3,78 dari skor maksimal 4 yang berarti sangat baik dan persentase hasil observasi pembelajaran yaitu 94,64 yang berarti sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari pemahaman konsep memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh skor rata-rata pemahaman konsep yaitu 85,50 yang berarti baik dan persentase ketuntasan siswa yaitu 78,125 yang berarti baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52619

Actions (login required)

View Item View Item