KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Nanmumpuni, Herlingga Putuwita and Listyani, Endang (2017) KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
0. HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)apakah model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (2)apakah model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (3)apakah model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (4)apakah model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (5)apakah model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (6)apakah model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan pretest and posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salam tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel melalui pengundian sehingga terpilih 2 kelas yaitu; kelas VII E diberi perlakuan dengan model pembelajaran CORE dan kelas VII D diberi perlakuan dengan model pembelajaran STAD. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test untuk melakukan uji hipotesis dan independent sample t-test untuk uji beda rata-rata. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1)model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (2)model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (3)model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (4)model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (5)model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (6)model pembelajaran CORE sama efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CORE, STAD, koneksi matematis, penalaran matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52616

Actions (login required)

View Item View Item