Nanmumpuni, Herlingga Putuwita and Listyani, Endang (2017) KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
Abstrak.docx Download (16kB) |
|
![]() |
Text
0. HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
|
Text
1. BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
|
![]() |
Text
5. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
|
![]() |
Text
7. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)apakah model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (2)apakah model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (3)apakah model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (4)apakah model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (5)apakah model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (6)apakah model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan pretest and posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salam tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel melalui pengundian sehingga terpilih 2 kelas yaitu; kelas VII E diberi perlakuan dengan model pembelajaran CORE dan kelas VII D diberi perlakuan dengan model pembelajaran STAD. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test untuk melakukan uji hipotesis dan independent sample t-test untuk uji beda rata-rata. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1)model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (2)model pembelajaran CORE efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (3)model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (4)model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis; (5)model pembelajaran CORE lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis; (6)model pembelajaran CORE sama efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CORE, STAD, koneksi matematis, penalaran matematis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |