OPTIMALISASI JUMLAH KELOMPOK PADA METODE SINGLE LINKAGE DAN COMPLETE LINKAGE MENGGUNAKAN INDEKS DAVIES BOULDIN (Studi Kasus : Indikator Pendidikan di Indonesia Tahun 2016)

Sakdiyah, Siti and Subekti, Retno (2017) OPTIMALISASI JUMLAH KELOMPOK PADA METODE SINGLE LINKAGE DAN COMPLETE LINKAGE MENGGUNAKAN INDEKS DAVIES BOULDIN (Studi Kasus : Indikator Pendidikan di Indonesia Tahun 2016). S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (15kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi jumlah kelompok menggunakan metode single linkage dan complete linkage dengan indeks Davies Bouldin yang diterapkan pada kasus data indikator pendidikan tahun 2016. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode single linkage dan complete linkage terdiri atas menentukan variabel yang akan digunakan sebagai data penelitian, mendeteksi adanya outliers, memilih ukuran kesamaan (jarak) yang digunakan, melakukan standarisasi data jika diperlukan, melakukan pengujian terhadap asumsi-asumsi dalam analisis kelompok, memilih prosedur pengelompokan, menentukan jumlah kelompok yang akan dibentuk, melakukan interpretasi terhadap kelompok yang terbentuk, melakukan uji validasi terhadap hasil pengelompokan untuk menentukan jumlah kelompok optimal, dan membuat profil kelompok yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode single linkage dan complete linkage diperoleh kelompok optimal yang sama, yaitu sebanyak 2 kelompok dengan indeks Davies Bouldin sebesar 0,0759. Kelompok I terdiri atas satu provinsi (Provinsi Papua Barat), dan kelompok II terdiri atas 33 provinsi. Dari kelompok yang terbentuk diperoleh tingkat partisipasi pendidikan, yaitu kelompok dengan tingkat partisipasi pendidikan rendah (kelompok I) dan kelompok dengan tingkat partisipasi pendidikan tinggi (kelompok II).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelompok, Single Linkage, Complete Linkage, dan Indeks Davies Bouldin
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:30
Last Modified: 31 Aug 2017 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52580

Actions (login required)

View Item View Item