PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Nur, Afifah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Nur Afifah_13518241039.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil produk yang ditinjau dari rancang bangun aplikasi media pembelajaran mobile untuk pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic di SMK dan unjuk kerjanya, (2) mengetahui kelayakan aplikasi, dan (3) mengetahui mutu produk media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic pada kompetensi dasar membuat aplikasi sederhana menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develompent (R&D) untuk pembelajaran mobile dengan model pengembangan gabungan antara ADDIE dan model waterfall. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates dan siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMKN 2 Pengasih dengan total 56 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil uji validitas dan reliabilitas angket diperoleh nilai koefisien reliabilitas alpha croncbanch 0,859, sedangkan uji validitas dan reliabilitas tes diperoleh koefisien validitas product moment antara 0,306 dan 0,606, serta nilai reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,772. Data dianalisis dengan deskriptif, uji wilcoxon dan gain score. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) dihasilkan aplikasi media pembelajaran mobile untuk pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic dalam bentuk tutorial yang termasuk kategori “Sangat Baik” (2) kelayakan media pembelajaran mobile ini termasuk kategori “Sangat Layak” menurut ahli materi dan “Layak” menurut ahli media, sedangkan kelayakan ditinjau dari penilaian respon siswa termasuk kategori “Layak”, dan (3) mutu produk ditinjau dari hasil belajar siswa SMK Ma’arif 1 Wates dan SMKN 2 Pengasih diketahui terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan uji wilcoxon dan termasuk kategori gain score “Sedang” untuk kedua SMK tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Pemrograman Visual Basic, pembelajaran mobile
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52546

Actions (login required)

View Item View Item