Fabella, Iqlima Ramadhani and Rosnawati, R. (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN NGAGLIK. S1 thesis, UNY.
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
||
Text
PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII, 2) untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik melalui setting pembelajaran kooperatif STAD ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII, 3) untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui setting pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan quasy experiment dengan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Ngaglik dengan sampel penelitian berjumlah 54 siswa secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C di SMP PIRI Ngaglik. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar, tes uraian prestasi dan lembar keterlaksanaan pembelajran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (expert judgment). Statistik uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace. Berdasarkan data yang diperoleh, posttest kelas kontrol dan eksperimen untuk nilai prestasi belajar memiliki rata-rata masing-masing 75,58 dan 80,83 dengan variansi 262,65 dan 185,58. Sedangkan motivasi akhir, kelas kontrol dan eksperimen memiliki nilai rata-rata masing-masing 81,23 dan 82,22 dengan variansi 30,74 dan 38,79. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) Pendekatan saintifik terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, 2) Pendekatan saintifik melalui setting pembelajaran kooperatif STAD terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, 3) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui setting STAD lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Ngaglik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saintifik, STAD, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52533 |
Actions (login required)
View Item |