Oktaviani, Risa Tri and Retnawati, Heri (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) | Preview |
|
![]() |
Text
AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (259kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended pada materi segi empat dan segitiga dengan kualitas valid, praktis dan efektif yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP" Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII di SMP N 1 Pakem yang terdiri dari 32 siswa. Penilaian kevalidan menggunakan instrumen lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS. Penilaian kepraktisan menggunakan instrumen angket respon guru, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian keefektifan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan kualitas (1) valid dengan skor 3,55, penilaian LKS aspek materi memperoleh skor 3,56, penilaian LKS aspek media memperoleh skor 4; (2) praktis dengan rincian hasil penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%, analisis penilaian respon guru sebesar 4,18 dan analisis penilaian respon siswa sebesar 4,14; (3) efektif dengan rincian persentase rata-rata skor ketercapaian pada setiap aspek kemampuan berpikir kreatif sebesar 88%. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segi empat dan segitiga memiliki kualitas valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Open-ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model ADDIE, Materi Segi Empat dan Segitiga |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 01:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |