PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII

Oktaviani, Risa Tri and Retnawati, Heri (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended pada materi segi empat dan segitiga dengan kualitas valid, praktis dan efektif yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP" Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII di SMP N 1 Pakem yang terdiri dari 32 siswa. Penilaian kevalidan menggunakan instrumen lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS. Penilaian kepraktisan menggunakan instrumen angket respon guru, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian keefektifan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan kualitas (1) valid dengan skor 3,55, penilaian LKS aspek materi memperoleh skor 3,56, penilaian LKS aspek media memperoleh skor 4; (2) praktis dengan rincian hasil penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%, analisis penilaian respon guru sebesar 4,18 dan analisis penilaian respon siswa sebesar 4,14; (3) efektif dengan rincian persentase rata-rata skor ketercapaian pada setiap aspek kemampuan berpikir kreatif sebesar 88%. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segi empat dan segitiga memiliki kualitas valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Open-ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model ADDIE, Materi Segi Empat dan Segitiga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52531

Actions (login required)

View Item View Item