LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Ardina Praja Martanto, Ardina Praja Martanto (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa, program kependidikan. Tujuan dilaksanakannya PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL ini berusaha memberdayakan keberadaan masyarakat sekolah secara maksimal. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 2 Wonosari, bertempat di Jl. KH. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Wonosari. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2013 – 21 September 2013 meskipun dalam pelaksanaannya hanya berlangsung selama + 6 minggu, dengan lokasi yang disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa. Dalam hal ini lokasi KKN-PPL dari penulis ialah di SMK Negeri 2 Wonosari yang beralamat di Jl. KH. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Wonosari. SMK Negeri 2 Wonosari memiliki 9 (Sembilan) kompetensi keahlian, salah satunya ialah Program Keahlian Teknik otomotif yang sesuai dengan kompetensi praktikan yaitu Jurusan Teknik Otomotif. Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan mengaplikasikan ilmu yang didapat mahasiswa selama kuliah, khususnya didalam bidang otomotif. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan kali ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengampu mata pelajaran “ Memperbaiki Sistem Rem.” Dari pelaksanaan PPL yang telah dijalani, banyak hal yang menjadi catatan khusus dalam upaya pengelolaan diri sebagai calon pendidik. Sebelum mengajar mahasiswa perlu melakukan berbagai tahapan-tahapan yang tidak boleh ditinggalkan mulai dari tahap persiapan hingga praktik mengajar di depan kelas. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan PPL ini, praktikan telah mencapai target lebih dari delapan pertemuan. Proses pembelajaran di kelas berjalan dengan lancar walaupun masih mengalami beberapa hambatan. Dari keseluruhan perjalanan program PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar menjadi seorang guru. Mahasiswa dapat mengenal, mempelajari dan memahami seluk-beluk lembaga pendidikan. Sehingga kedepannya mahasiswa sudah siap menjadi tenaga pendidik yang terampil, profesional, serta sarat pengalaman mengajar. Adapun hambatan-hambatan yang dialami telah dapat diatasi dan dapat menjadikan sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menjadi seorang pendidik yang baik nantinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelaksanaan PPL, Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:39
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52459

Actions (login required)

View Item View Item