Amri, Chairul and Rizkianto, Ilham (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA YANG BERORIENTASI KEPADA PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 3.pdf Download (859kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan PMRI yang berorientasi kepada pemahaman konsep segi empat untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKS matematika pada materi segi empat untuk kelas VII SMP dengan pendekatan PMRI. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh ahli untuk aspek kevalidan, lembar respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk aspek kepraktisan, serta tes hasil belajar berupa 6 soal uraian untuk aspek keefektifan yang dianalisis menggunakan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dan LKS memenuhi kriteria sangat baik, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan angket respon siswa dan penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, aspek keefektifan pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan belajar 62,5% yang masuk dalam kriteria baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, pengembangan, PMRI, segi empat |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 01:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |