LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 S EYEGAN

Jihad Falqianas Akbar, Jihad Falqianas Akbar (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 S EYEGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Jihad Falqianas A._10504241027_Seyegan.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Jamblangan Margomulyo Sleman. Pelaksanaan kegiatan KKN PPL selama kurang lebih 2,5 (dua setengah) bulan dimulai dari tanggal 2 Juni 2013 sampai dengan 17 September 2013 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL melalui DPL KKN PPL masing-masing. Selanjutnya diterima oleh Koordinator KKN PPL Sekolah dan seluruh Ketua Kompetensi Kejuruan (K3). Setelah itu perkenalan lingkungan sekitar jurusan. PPL merupakan praktik belajar mengajar secara langsung di sekolah melalui pembagian kelas mengajar dan didampingi oleh guru pembimbing. Guru Pembimbing penyusun adalah Bapak Prayitno, M.Pd., Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Program-program tersebut merupakan salah satu tugas sebagai seorang guru di sekolah sehingga mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan secara langsung bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Harapannya mahasiswa tidak hanya terjun langsung ke hadapan siswa, tetapi juga belajar bagaimana cara memanajemen waktu, bersosialisasi dengan guru pembimbing dan guru lainnya, mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan hal-hal terkait di dalam kehidupan sekolah. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat dan membantu siswa dalam pengembangan bakat menjadi seorang jiwa pendidik dan harapannya pihak penyenggara yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dapat mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan di SMK Negeri 1 Seyegan, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi semua pihak sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2017 01:17
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52316

Actions (login required)

View Item View Item