ENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK UKIR KAYU DI SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA

Mahardika, Cholis (2017) ENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK UKIR KAYU DI SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CHOLIS MAHARDHIKA.PDF

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan, 2) mendeskripsikan kualitas produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang memenuhi standar kelayakan produk agar dapat digunakan untuk siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reaserch and Development menurut Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian ini meliputi 9 tahap: 1) analisis kebutuhan, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk (mengadopsi dalam Sugiyono, 2016:298). Validasi produk dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Subjek penelitian yang digunakan dalam serangkaian uji coba pemakaian produk berjumlah 35 siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan, yang terdiri dari 7 siswa pada uji coba produk kelas terbatas dan 28 siswa pada uji coba pemakaian produk kelas besar. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mengetahui kualitas multimedia pembelajaran teknik ukir kayu. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: 1) produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa, 2) produk multimedia pembelajaran teknik ukir kayu yang memiliki kualitas kevalidan materi dan media sangat valid. Hasil uji coba produk kelas terbatas ialah sangat layak, serta hasil pada uji coba pemakaian produk kelas besar juga sangat layak digunakan siswa oleh kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu. Hasil uji coba pemakaian produk pada guru ialah sangat layak. Analisis pengambilan data disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran teknik ukir kayu sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Kalasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:25
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52297

Actions (login required)

View Item View Item